5 Tempat di Yogyakarta Yang Wajib Anda Kunjung

5 Tempat di Yogyakarta Yang Wajib Anda Kunjung- Negara Indonesia merupakan sebuah negara kesatuan yang terdiri dari sekitar 1.700 pulau. Indonesia juga termasuk ke dalam jajaran negara-negara besar di benua Asia bahkan dunia dalam ukuran populasi dan wilayahnya. Dia menawarkan banyak sekali tempat wisata yang begitu indah, menawan, dan mempesona bagi para pelancong. Tak aneh jika setiap waktu liburan tiba banyak sekali tempat wisata di berbagai penjuru tanah kelahiran beta ini dipenuhi oleh para wisatawan baik dalam negeri ataupun luar negeri. Salah satu tempat yang banyak dikunjungi tatkala musim liburan tiba adalah kota Andong Yogyakarta.

Ketika anda akan mengunjungi tempat tersebut, anda tidak harus bingung memikirkan apa yang harus dilakukan di Yogyakarta yang dikenal dengan Jogjakarta atau Jogja,  karena sama sekali hal yang demikian bukanlah masalah dengan banyaknya tempat wisata di tanah kesultanan tersebut. Apabila ada seseorang yang bertanya kepada saya mengenai tempat yang indah untuk berlibur dengan mendapatkan banyak pelajaran, maka saya tidak ragu lagi akan mengatakan Yogyakarta, karena di sana banyak sekali tempat wisata untuk berlibur dan situs-situs sejarah yang banyak memberikan pengetahuan-pengetahuan.

Tempat tersebut sangatlah strategis baik dari segi lokasi ataupun budaya. Selain memiliki tempat dan budaya yang terkenal ke seantero negeri ini bahkan ke luar negeri, Yogyakarta juga terkenal dengan kuliner-kulinernya yang memanjakan lidah setiap penikmatnya. Tidak mengherankan, apabila tempat ini adalah salah satu pusat wisata utama di Indonesia, karena keunikan-keunikan yang ada di dalamnya.

Berikut ini adalah 5 tempat yang wajib anda kunjungi ketika berada di yogyakarta:


Pesona Indah dan Megah Candi Prambanan

5 Tempat Yang Wajib Anda Kunjungi Ketika Berada di Yogyakarta
Candi Prambanan

Candi Prambanan (candi) atau yang juga dikenal dengan Candi Rara Jonggrang, adalah Candi Hindu kuno yang terkenal di Indonesia. Dibangun pada abad ke 9 untuk Trimurti sebagai ungkapan bahwa Tuhan adalah Pencipta (Brahma), Preserver (Wisnu) dan juga Destroyer (Siwa). Kompleks candi terletak hanya 18km timur Yogyakarta dan dapat dengan mudah dicapai dengan bus umum Transjogja, yang sejauh ini merupakan pilihan termurah dan terbaik untuk dikunjungi di Prambanan. Ini adalah salah satu Situs Warisan Dunia UNESCO Indonesia, menjadi salah satu arsitektur candi Hindu terbesar di Asia Tenggara.


Keelokan dan Ketenangan Candi Borobudur

5 Tempat Yang Wajib Anda Kunjungi Ketika Berada di Yogyakarta
Candi Borobudur

Mungkin kebanyakan dari kita sudah mengetahui bahawa secara wilayah Candi Borobudur tidak terletak di wilayah Yogyakarta.Ketika anda akan melakukan perjalanan dari Yogyakarta ke Candi Borobudur, anda hanya membutuhkan waktu satu jam perjalanan untuk sampai ke tempat yang anda tuju. Anda juga bisa melakukan tour ke Candi Borobudur dan Prambanan dalam sehari. Ya, ada baiknya perjalanan dan lebih baik lagi apabila Anda bisa menginap di penginapan yang letaknya tidak jauh dari tempat yang akan anda tuju, supaya anda bisa menjadi orang yang pertama kali masuk ke tempat yang elok tersebut. Perlu diketahui bahwa kawasan wisata Candi Borobudur dibuka jam 8 pagi. Inilah cara terbaik untuk menikmatinya, saat itulah kondisi paling tenang dan nyaman untuk bercengkrama dengan tempat elok itu. Candi abad ke-9 ini merupakan situs Warisan UNESCO Indonesia dan salah satu candi Budha terbesar di dunia, terdiri dari enam platform persegi dengan 2.672 panel relief dan 504 status Buddha. Ribuan umat Buddha melakukan ziarah mereka di Borobudur pada hari Waisak.


Reruntuhan Gunung Merapi (Volcano)

5 Tempat Yang Wajib Anda Kunjungi Ketika Berada di Yogyakarta
Reruntuhan Gunung Merapi

Jika anda bukan seorang pendaki atau pemanjat serius, anda bisa mencoba mendaki singkat menuju Gunung Merapi dan merasakan berada di tengah sisa-sisa peninggalan letusan gunung di tahun 2010. Anda akan dituntut untuk berfikir oleh banyaknya kemarahan alam dan bagaimana kondidsi banyak orang yang masih belum sadar. Jika Anda sampai di tempat Mbah Maridjan, anda akan belajar bagaimana dia setia menjaga tempat tersebut bahkan saat gunung berapi meletus. 


Kraton Yogyakarta Yang Penuh Dengan Peninggalan Sejarah dan Cerita

5 Tempat Yang Wajib Anda Kunjungi Ketika Berada di Yogyakarta
Kraton Yogyakarta

Kraton Yogyakarta merupakan Istana yang terawat dengan baik sejak zaman Sultan Sultan Yogyakarta, disana Anda akan menemukan arsitektur dan pusaka yang unik dan penuh makna. Semua wisatawan akan didampingi oleh pemandu lokal yang luar biasa, dia dapat berbicara dalam berbagai bahasa. Jadi anda tidak perlu khawatir dengan gagasan pemandu, Anda pasti akan merasa senang saat Anda mendengarkan mitos, ritual, cerita dan bahkan humor yang disampaikan oleh sang pemandu.. Memang, harus dikunjungi untuk memahami sejarah dan budaya Jogja yang kaya.


Jalan Malioboro dan Pasar Beringharjo

5 Tempat Yang Wajib Anda Kunjungi Ketika Berada di Yogyakarta
Jalan Malioboro, Yogyakarta

Setelah seharian anda berjalan-jalan menikmati keindahan kota Krtaon Yogyakarta, ada hal yang tidak boleh andak tinggalkan untuk menyempurnakan liburan anda yaitu berbelanja oleh-oleh khas Kota Yogyakarta. Yogyakarta menjadi tempat perbelanjaan yang sangat dikenal selain Bandung, dengan banyak barang berkualitas yang terjangkau oleh saku anda. Di jalanan Malioboro dan di pasar Beringharjo, Anda akan menemukan banyak kios yang menjual segala macam oleh-oleh khas Kota tersebut, mualai dari pakaian, tas hingga produk rotan dan perhiasan perak, makanan bahkan hal apapun yang Anda cari bisa Anda temukan di Indonesia.

Itulah 5 tempat yang wajib anda kunjungi dan tidak boleh anda lewatkan apabila anda berlibur ke Yogyakarta. Semoga bermanfaat dan sampai jumpa kembali di lain kesempatan.



Related Posts

5 Tempat di Yogyakarta Yang Wajib Anda Kunjung
4/ 5
Oleh