Gunung Galunggung, Objek Wisata Tasikmalaya

Gunung Galunggung, Objek Wisata Tasikmalaya - Pernahkah Anda mendengar Gunung Galunggung?, pasti untuk warga Tasikmalaya nama Gunung Galunggung sudah tidak asing lagi. Galunggung sangat terkenal sekali di tahun 80-an bahkan sampai mendunia, hal ini karena efek letusan dahsyat yang menimbulkan banyaknya daerah yang terkena abu vulkanik. Gunung Galunggung ini merupakan Gunung api yang terletak di Kabupaten Tasikmalaya, Jawa Barat, Indonesia. Wisatawan lokal bahkan asing sering datang ke sini untuk melihat dan menikmati pemandangan gunung yang sekarang sedang tertidur. Pemandangan di sini sangat indah sekali. Dari puncak Gunung Galunggung tampak dengan jelas gunung-gunung lain yang sama menjulang tinggi dengan Gunung Galunggung.
http://tempatpalingdi.blogspot.com/2018/08/gunung-galunggung-obyek-wisata.html


Sejarah Gunung Galunggung

Gunung Galunggung ini terkenal dengan lavanya yang sangat kuat dan panas. Gunung ini menuangkan lavanya pada tanggal 5 April 1982 hingga 8 Januari 1983. Letusannya sangat luar biasa sekali. Dampak letusannya tidak hanya menyapa daerah yang berdekatan dengan posisi Gunung ini. Tetapi saking dahsyatnya, dampak letusan Gunung Galunggung sampai ke negara-negara tetangga seperti Papua Nugini dan Australia. Fenomena ini menarik perhatian masyarakat dunia, karena hampir selama satu tahun lamanya langit di Negara Kesatuan Republik Indonesia menjadi sangat gelap, seakan Sang Matahari enggan menampakan batang hidungnya, ini karena abu yang dilepaskan oleh gunung ini. Letusan Gunung Galunggung juga mengganggu penerbangan udara baik dari dalam maupun luar negeri yang sedang beroperasi.

Keunikan Gunung Galunggung

Selain terkenal dengan sejarahnya yang bisa dikatakan agak kelam, Gunung Galunggung juga memberikan pesona yang memikat hati. Gunung Galunggung menawarkan keindahan alam yang sangat indah. Tidak boleh heran ataupun bingung apabila sampai sekarang ini banyak sekali manusia yang sering bercengkrama dengannya. Gunung ini dijadikan sebagai tempat berwisata. Obyek wisata Gunung Galunggung merupakan salah satu destinasi wisata yang berada di Kabupaten Tasikmalaya, Jawa Barat. Apakah aman? Tentu saja sekarang ‘Galunggung seperti singa yang tidur.’ Gunung ini cukup dekat dengan daerah pemukiman warga, sehingga Anda akan melewati desa sebelum mencapai Gunung Galunggung. Jangan lupa menggunakan jaket tebal dan peralatan yang lainnya, supaya kegiatan berwisata anda menjadi lebih asyik dan indah. Udara di sana cukup dingin karena embun. Tujuan utama para wisatawan datang ke sini adalah menaiki tangga untuk menuju puncak Gunung Galunggung. Ada dua tangga di sini, ada tangga yang memiliki 620 tangga, itu juga kalau tidak salah menghitungnya. Untuk lebih pastinya, anda bisa menghitungnnya ketika anda menaikinya. Sedangkan tangga lainnya memiliki tangga lebih sedikit. Ada mitos yang bisa menaiki tangga ke atas, maka keinginan akan menjadi kenyataan. Tetapi ini tidak perlu anda anggap sangat serius, karena namanya juga mitos. Yang terpenting anda bisa menikmati pemandangan yang indah dan seksi di puncaknya. Dari puncak anda dapat melihat sebuah danau besar atau juga kawah yang terbentuk oleh letusan besar Gunung Galunggung pada tahun 1982. Maung kemping?, silahkan saja mau di puncak mau diatas juga, yang terpenting anda harus menyiapkan segala sesuatunya. Jangan sampai anda kemping tidak membawa bekal apapun, takutnya kelaparan kecuali kalau anda berpuasa dari makan dan minum selama beberapa hari. Di atas gunung juga tidak sepi, di sana banyak orang- orang yang berjualan. Kopi, pop mie, gorengan, air putih dan sebagainya. Siapkan sajalah uang untuk membayarnya. Jika Anda ingin menemukan petualangan yang lebih menarik, Anda bisa pergi ke hutan dan menemukan air terjun alami. Air terjun ini sangat terpencil sehingga masih sedikit orang yang pergi ke sana. Udaranya sangat segar, di sana Anda dapat beristirahat dari udara kotor di kota dengan melakukan petualanagn ke Gunung Galunggung. Gunung Galunggung memang begitu mempesona.

Related Posts

Gunung Galunggung, Objek Wisata Tasikmalaya
4/ 5
Oleh

1 comments:

Tulis comments
avatar
February 5, 2019 at 8:35 PM

gambarnya ga ada mas admin, emang gambar apa??

Reply